Lebih Dekat dengan Jenis-jenis Materi Soal Ujian CPNS (Bagian 2)


B. Tes Substansi Bidang/Instansi
Selain ujian umum sebagaimana yang telah dibahas pada Bagian 1 tulisan ini, Anda juga akan diminta untuk mengerjakan Tes Substansi sesuai Bidang/Instansi yang Anda ingin masuki. Setiap departemen/instansi pemerintah diberikan kebebasan untuk menyusun soal. Pertanyaan yang diberikan akan seputar kebijakan instansi tersebut terhadap kebijakan pemerintah atau kondisi masyarakat, juga pertanyaan seputar instansi tersebut dan posisi yang Anda lamar. Terkait dengan posisi, Anda akan ditanya banyak mengenai pekerjaan-pekerjaan yang biasa dilakukan pada posisi tersebut. Praktis Anda harus punya banyak pengetahuan mengenai instansi yang Anda lamar tersebut.

Trik menghadapinya:
Pastikan Anda tahu instansi dan posisi yang Anda lamar saat ini, karena seluruh perencanaan pembelajaran Anda bermula disini. Jika Anda melamar menjadi pegawai Departemen PU, misalnya, Anda harus mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan konstruksi, pengairan, jalan raya dan lain sebagainya. Jika Anda melamar menjadi Tenaga Teknis di Pemerintahan Daerah, pelajarilah struktur organisasi, tugas pokok dan fungsi lembaga tersebut. Hal-hal seperti itulah yang perlu Anda siapkan.
Gunakan internet sebagai teman Anda dalam mencari informasi terkait. Anda akan menemukan banyak hal yang terkait dengan kebijakan instansi, hingga tugas pokok dana fungsi instansi tersebut. Bila Anda memiliki teman atau saudara di instansi tersebut, ini akan lebih baik lagi. Karena Anda dapat bertanya kepadanya mengenai tugas-tugas atau hal-hal yang perlu diketahui sebelum ujian tiba.

Hal-hal yang perlu diperhatikan:
1. TOEFL Test
Beberapa departemen bahkan Pemerintah Daerah mensyaratkan skor TOEFL minimal bagi pelamar CPNS di instansi mereka. Bagi Anda yang belum pernah mengikuti tes TOEFL, maka Anda perlu mempersiapkannya segera. Jangan sampai Anda gagal sebelum memulai, hanya karena tidak memiliki skor TOEFL. Anda dapat mempelajari masalah tes TOEFL ini dari buku yang dapat Anda beli di toko-toko buku terdekat di kota Anda. Anda perlu mempersiapkan secara matang hingga dapat skor TOEFL diatas syarat minimal yang ditetapkan instansi yang Anda ingin lamar.

2. Tes Administrasi
Jangan remehkan tes administrasi, ini sangat menentukan apakah Anda dapat mengikuti ujian atau tidak. Jadi sambil mempersiapkan materi ujian, persiapkan secara matang syarat-syarat administrasi yang Anda butuhkan. Perhitungkan waktu pendaftaran yang biasanya mepet, dengan waktu pengurusan Administrasi. Urus yang bisa Anda urus saat ini, biasanya berupa ijazah, transkrip, SKCK dan syarat lain termasuk skor TOEFL bila diperlukan.

3. Tes Wawancara
Satu tahapan lagi, meskipun tidak semua instansi atau departemen melakukannya, yaitu tes wawancara. Tahapan ini biasanya dilakukan setelah Anda lulus seleksi tes tulis. Ada yang melakukannya hanya untuk penempatan posisi Anda, namun sebagian lain benar-benar menggunakan tes wawancara sebagai syarat lulus. Jadi Anda mungkin saja bisa gagal dalam tahap ini.
Yang perlu Anda siapkan awal adalah penampilan Anda. Pakailah pakaian yang sopan, rapi dan menunjukkan keseriusan Anda mengikuti ujian ini. Gunakan bahasa tubuh dan bahasa verbal yang baik. Sopan waktu memasuki ruang wawancara menjadi awal yang baik bagi Anda. Banyak senyum dan mencoba akrab dengan pewawancara menambah poin penilaian Anda, karena ini menunjukkan Anda mudah bergaul dan bisa diajak kerjasama. Perhatikan penuh hal ini.
Selanjutnya pertanyaan yang ditanyakan. Pertanyaan yang diajukan sebagian besar mengenai diri Anda, pengalaman kerja Anda, motivasi Anda ingin melamar di tempat itu, apakah Anda setuju dengan konsekuensi yang akan Anda terima, tugas kerja Anda pada posisi itu nantinya, kompetensi yang Anda miliki terkait posisi yang Anda lamar dan sebagainya.

Trik menghadapinya:
Gunakan pakaian yang baik dan bahasa tubuh yang baik. Ini penting.
Terkait dengan pertanyaan, jawablah semua pertanyaan dengan jujur dan penuh semangat. Jangan ragu-ragu. Tunjukkan bahwa Anda sudah tidak sabar ingin bergabung dengan instansi mereka, dan Anda memang memiliki kompetensi untuk itu.
Sebagai tambahan wawasan Anda, cari informasi sebanyak-banyaknya terkait instansi dan posisi yang Anda lamar, ini sangat penting sehingga wawancara Anda akan nyambung dengan pewawancara. Banyak senyum, menunjukkan semangat dan keingintahuan yang besar akan sangat mempengaruhi hasil wawancara Anda.

Demikian beberapa catatan yang perlu Anda fahami seputar tes CPNS. Semoga Anda dapat berhasil pada peluang CPNS yang akan datang. Selamat berjuang!

Kembali ke Bagian 1